Academic

I need to learn a lot!

Masih terngiang dalam benak saya tentang mata kuliah satu ini: New Digital Economy. Mata Kuliah ini saya dapat waktu semester 4, membahas tentang era perekonomian baru yang serba data digital atau bisa juga mengenai New Data Economy, yang sebenarnya bahasnya tidak hanya sesempit itu saya rasa. Ini adalah awal yang nyata sejak kedatangan Go-jek, mata kuliah ini bercerita banyak hal yang menurut saya adalah fantastic!

Bagaimana menjelaskannya ya, disana ada: big data, internet of thing, over the top, analysis and analytic data, Cloud Computing, SMART Economy yang rasanya semua ini sudah overload. Sangat cepat berganti, membuat fokus jadi berantakan untuk hanya sekedar merangkai, terlambat.

Salah satunya yang saya rasa sangat menarik, adalah tentang BitCoin. Dari saya kecil, itu angan-angan saya jika saja ada uang yang diterima di seluruh dunia, maka saya tidak perlu tukar uang kalau naik haji. Itu bisa mematikan kurs dan penyedia jasa layanan tukar uang asing. Dan wow, saya terlambat untuk menyadarinya, dia sudah ada disana.

Jadi internet memacu semua orang untuk go-digital. Semua data ada pada cloud. Pengolahan data tidak bisa lagi dengan meneliti satu persatu lembar dan menyimpukan keputusan, selain karena begitu banyak datanya, human resouce juga tidak memadai. Orang-orang sudah mulai memikirkan bagaimana caranya agar data yang besar dalam bentuk teks, yang kita tahu bisa jadi teks dalam bentuk apa saja dengan vocab yang luar biasa banyak, bisa diatur, bisa dianalysis, di kategorisasikan dan bisa disimpulkan agar pengambil keputusan bisa lebih cepat dan akurat dilakukan.

Bagaimana itu jadinya, saya masih haus akan pengetahuan. Banyak yang saya tidak ketahui, dan ingin saya ketahui lebih banyak lagi. Rasanya baru kemarin saya tahu tentang sebenarnya apple vs google, sampai saya membeli bukunya freed vogelstein karena saking tidak tahunya. Dan isu baru yang lain tiba-tiba ada lagi. Saya jadi hilang arah mulai mempelajari hal itu dari start yang mana.

Leave a Reply

